Langsung ke konten utama

SELAIN APRESIASI APLIKASI SI RAJA, KADIVMIN TETAP INGATKAN RUTAN NGANJUK UNTUK TERUS BERBENAH

 



    Mendekati Penilaian TPN dalam rangka Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM, Pimti Kanwil Kemenkumham Jatim kembali melakukan Penguatan dengan turun langsung ke UPT yang diusulkan WBK/WBBM. Siang ini (31/08) menjadi giliran Rutan Nganjuk untuk mendapatkan kunjungan monitoring, evaluasi, dan penguatan. 


Tiba di Rutan, Kadivmin, Kadivpas, Kabag Umum, serta Kabag Program dan Humas langsung meninjau lokasi layanan di Rutan Nganjuk khususnya tampilan layanan depan. Setelah meninjau layanan dan singgah sejenak, Pimti Kanwil Kemenkumham Jatim langsung memberikan Penguatan WBK/WBBM yang dilaksanakan di aula ruang kunjungan. Kegiatan diawali dengan penayangan video profil Rutan Nganjuk kemudian laporan dari Ka Rutan. Dalam laporannya, Ka Rutan menyampaikan tentang perbaikan dan pembangunan di Rutan Nganjuk salah satunya yaitu ruang Yankomas. Ka Rutan Sudarno juga mempresentasikan 3 inovasi unggulan menuju WBK yaitu SI PANDU (Inovasi Pelayanan Pengaduan), SI VOLA (Inovasi Video Call Menjemput Bola), dan SI RAJA (Inovasi Layanan di Rumah Saja). SI RAJA menjadi inovasi unggulan yang hanya ada di Rutan Nganjuk di mana keluarga WBP dapat mengurus PB CB hanya di rumah saja melalui upload berkas ke website SI RAJA tanpa harus jauh-jauh datang ke Rutan. 


Kadivpas memberikan penguatan tentang pentingnya pemahaman Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM oleh seluruh pegawai Rutan Nganjuk tanpa terkecuali. Menjadi petugas Pemasyarakatan artinya kapan pun diperlukan harus siap selama 24 jam. Kadivpas Hanibal menegaskan sebuah perintah yaitu "Jauhi halinar, kejarlah WBK." Artinya, petugas harus menjauhi pungutan liar yang nilainya kecil-kecilan tapi kejarlah WBK yang nyata dengan insentif lebih besar. Daripada melakukan hal beresiko tetapi tidak sepadan dengan hasil dan hukuman, maka lebih baik mengejar hal yang jelas-jelas menjanjikan yaitu predikat WBK. 


Penguatan dari Kadivmin diawali dengan tips menghadapi kunjungan TPN yaitu dangan memperlihatkan perubahan layanan yang ada di Rutan Nganjuk. Semua informasi layanan harus jelas dan dapat dipahami oleh pengunjung. Tak hanya menyampaikan saran dan arahan, Kadivmin juga memberikan apresiasi terhadap aplikasi berbasis website SI RAJA yang dimiliki Rutan Nganjuk karena dapat memberikan dampak memudahkan masyarakat. Dengan latar belakang pandemi, SI RAJA (Inovasi Layanan di Rumah Saja) ini dianggap inovatif dan termasuk dalam upaya pendampingan langsung kepada masyarakat. Meski demikian, inovasi unggulan tetap harus diimbangi dengan pembenahan yang lain khususnya penampilan ruang layanan bagi masyarakat.


Kegiatan diakhiri dengan diskusi ringan Tim Pokja Rutan Nganjuk bersama Kabag Umum dan Kabag Program Humas. Sebelum meninggalkan Rutan, Kabag Umum pun menyempatkan mampir sejenak ke restorasi Rutan Nganjuk  untuk meninjau proses pengolahan makan sore.






Komentar